Kamis, 31 Juli 2014

Sister City, Kunjungan Fasilitas Olahraga dan Rekreasi

Kunjungan delegasi sister city Surabaya yang tidak kalah pentingnya adalah ketika mengunjungi beberapa vasilitas yang dimiliki Kota Varana. Biasworo Adi sebagai salah satu dari delegasi Kota Surabaya mengagumi area fasilitas olahraga yang begitu lengkap dan tertata secara rapi dan bersih. Kota dengan jumlah penduduk sebanyak 334.870 jiwa merupakan kota terbesar nomor tiga di Bulgaria setelah Sofia dan Plovdiv. Namun kota ini menjadi pusat administrasi provinsi homonymous. Pemerintah Kota Varna tidak mengesampingkan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana olahraga. Dengan pemenuhan fasilitas olahraga ini pemerintah Kota Varna berharap agar masyarakatnya memiliki kesehatan dan kebugaran serta prestasi diberbagai event internasional.

Mladost Sport Complex


Sebuah area dengan luas kurang lebih 4 hektar, terdapat berbagai fasilitas sarana olahraga yang diperuntukan kepentingan masyarakat. Mengingat kondisi Kota Varna memiliki empat musim, maka dalam proses pembangunannya pun disesuaikan dengan kondisi mampu di empat musim tersebut. Pembangunan fasilitas olahraga di area ini bagitu apik dan tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk masing-masing jenis cabang olahraganya. Satu lokasi dengan lokasi lainnya hanya dibatasi oleh pagar jaring yang terbuat dari ram-raman besi. Agar satu dengan yang lainnya tidak saling terganggu. Di area ini terdapat lapangan sepakbola dengan ukuran kecil, kalau di Kota Surabaya lebih dikenal dengan sebutan lapangan Futsal, terdapat dua lapangan yang sangat representative.  Penggunaan rumput sintetis sebagai alas lapangan menjadikan area ini dapat dipergunakan untuk empat musim.


Pada area ini tidak hanya lapangan sepak bola, tetapi juga disekitarnya terdapat lapangan basket, lapangan voli, arena sketing, panjat tebing, squas, jalur sepatu roda, jalur bersepeda, arena cheerleading, arena BMX, in line, dan permainan anak-anak, yang semuanya dibangun dalam satu komplek. Di gapura paling depan saat akan masuk ke arena ini terdapat sebuah tulisan yang berbunyi “SPORT 4 ALL” bila kita baca “Sport for All” lebih dikenal di Indonesia sebutan ini adalah untuk “Olahraga Masyarakat”.

Kawasan fasilitas olahraga ini dibiayai sepenuhnya oleh Varna Municipality dan seluruh masyarakat dapat melakukan aktivitas di arena ini dengan tidak dipungut biaya. Kawasan ini dibangun tidak hanya untuk melengkapi fasilitas olahraga saja, tetapi juga ada fasilitas lain yang dapat dipergunakan sebagai wisata keluarga, diantaranya adalah, permainan air, lokasi out bound anak-anak. Yang kesemuanya dapat menimbulkan keinginan anak untuk bermain dan beraktivitas fisik (olahraga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar