Jumat, 25 Juli 2014

Kunjungan Kerja Sister City Surabaya - Bulgaria

Walaupun pengelaman perjalanan ke Negara Bulgaria sudah berlalu 2 (dua) tahun yang lalu, tidak ada salahnya berbagi cerita sebagai wujud ungkapan bahagia pernah menginjakan kaki di Wilayah Eropa Timur. Kepergian ke Kota Varna - Bulgaria tersebut bukan perjalanan wisata, tetapi lebih punya makna sebagai delegasi Kota Surabaya dalam menelusuri dan bertukar pengetahuan terkait dengan pengembangan dan pembinaan olahraga. Kebetulan saja, cabang olahraga senam menjadi pilihan Kota Varna Municipility (Pemerintah Kota Varna) dalam program Sister City antara Pemerintah Kota Surabaya dan Kota Varna Bulgaria, yaitu tepatnya pada tahun 2012 yang lalu.  Sebenarnya, kegiatan ini merupakan kunjungan balasan setelah beberapa waktu yang lalu, beberapa atlet dan official Bulutangkis Kota Varna berkunjung ke Kota Surabaya selama dua minggu.


Program Sister City ke Kota Varna berlangsung mulai tanggal 23 September - 07 Oktober 2012. Adapun yang menjadi delagasi Pemerintah Kota Surabaya adalah Soemarno (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kota Surabaya), Edi Santoso (Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya), Biasworo Adisuyanto Aka (Ketua Umum Pengkot PERSANI Surabaya merangkap sebagai pelatih senam), Fransisca Januarumi (Pelatih dan Wasit senam Internasional asal Kota Surabaya).


Kunjungan balasan ini merupakan program kerjasama Sister City dengan salah satu kota di Eropa Timur, yakni Kota Varna. Program ini terwujud melalui penandatanganan Leter of Intent (LoI) between the Government of the City of Surabaya, East Java Province of the Republic of Indonesia, and  the City of Varna, Republic of Bulgaria pada tahun 2009 yang lalu. Penandatanganan kerjasama tersebut oleh Walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono, dan Walikota Varna, Kiril Yordanov pada tanggal 24 Nopember 2009.

Penandatanganan Leter of Intent (LoI) ini diharapkan dapat menunjang promosi persahabatan, kesepahaman bersama serta kerjasama antara masyarakat kedua kota. LoI juga merupakan ungkapan keinginan kedua Walikota untuk membentuk kerjasama sisterCity guna mendorong peningkatan kerjasama, khususnya di bidang-bidang : ekonomi, industri dan perdangan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, transformasi, kesehatan dan rumah sakit, kebudayaan, kesenian, dan pariwisata.

Pemberangkatan empat orang delegasi Kota Surabaya ini adalah sebagaimana surat undangan Walikota Varna, Kiril Yardanov, yang menginginkan adanya peningkatan kerjasama antara Surabaya dan Varna di bidang pengembangan olahraga. Keinginan pertukaran pelatih untuk dapat memberangkatkan dua orang pelatih senam Kota Surabaya ke Varna terhitung mulai tanggal 24 September - 6 Oktober 2012.

Delegasi tiba di Bandara SOFIA, Bulgaria

Duta Besar Republik Indonesia di Bulgaria
Rombangan delegasi olahraga berangkat pada tanggal 23 September 2012, dan mendarat di Kota Varna Bulgaria pada tanggal 24 September 2012 pukul 17.00 waktu Bulgaria. Sebelum tiba di Kota Varna, rombongan memiliki kesempatan 6 jam berada di Ibu Kota Bulgaria, Kota Sofia. Kesempatan dipergunakan untuk dapat menemui Kepala Duta Besar Republik Indonesia di Bulgaria. Rombongan disambut ramah dengan jamuan makan siang di salah satu Restoran Jepang di Kota Varna.

Sebagaimana jadwal kunjungan delegasi cabang olahraga Kota Surabaya ke Kota Varna Bulgaria, dan mengingat kondisi waktu transit di bandara Sofia cukup lama yaitu kurang lebih 6 jam, maka rombongan delegasi sister city telah dijadwalkan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia di Bulgaria. Rombongan delegasi tiba di bandara Sofia tepat pukul 08.10 dan akan melanjutkan penerbangan kembali ke Kota Varna tepat pukul 16.00, dijemput oleh salah satu staf KBRI Bulgaria, Nadia langsung menuju kantor KBRI Bulgaria.


Jamuan Makan Dubes RI
Menyambut Kedatangan Delegasi Kota Surabaya
Tepat pukul 10.00, delegasi Sister City Kota Surabaya langsung diterima Duta Besar Republik Indonesia, Bapak Bunyan Saptomo di ruang pertemuan Kantor KBRI Bulgaria. Pertemuan diawali dari sambutan selamat datang dari Duta Besar RI di Bulgaria sekaligus memberikan gambaran secara singkat kondisi Negara Bulgaria, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian perkenalan oleh ketua rombongan delegasi Sister City Kota Surabaya, Soemarno (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Surabaya). Selain itu, Soemarno menyampaikan  maksud dan tujuan kunjungan ke Kota Varna yang akan berlangsung tanggal 24 September s/d 07 Oktober 2012, juga menyampaikan jadwal kegiatan selama di Kota Varna.

Setiba di Kota Varna, rombongan dijemput oleh International Relation Chief Expert, Municipality of Varna, Krasimira Yordanova dan diantar ke penginapan yang telah disediakan Pemerintah Kota Varna, yaitu Park Hotel Persey Parna, kurang lebih 20 menit dari Bandara Varna dan dekat dengan pantai Laut Hitam. Kami masing-masing mendapatkan satu kamar dengan kondisi kamar satu tempat tidur dan kamar mandi di dalam, walaupun ruang kamar tidak terlalu besar tetapi cukup nyaman dan terdapat fasilitas AC, televisi, serta kulkas.


Terhitung mulai tanggal 24 September - 7 Oktober 2012, kami berempat tinggal di hotel ini. Seluruh fasilitas makan, mulai pagi hingga malam disediakan di hotel ini.

1. Meeting with Deputy Mayor Prof. Christo Bozov, M.D, Ph.D, 
     di Varna Municipality

Deputy Mayor Varna Municipality,
Prof. Christo Bozov, M.D, Ph.D
Empat delegasi sister city Surabaya, Soemarno, Edi Santoso, Biasworo Adisuyanto Aka, dan Fransisca Januarumi disambut hangat Deputy Mayor Varna Municipality, Prof. Christo Bozov, M.D, Ph.D di ruang kerjanya pada tanggal 25 September 2012 tepat pukul 11.30. Kehadiran keempat delegasi Kota Surabaya ini adalah memenuhi undangan Walikota Varna, Kiril Yordanov terkait dengan kelanjutan program sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Varna, Bulgaria. Penerimaan kehadiran delegasi Kota Surabaya yang dilakukan oleh Deputy Mayor Varna Municipality sangat ramah dan terkesan akrab. Hal ini menumbuhkan kesan keterbukaan dan jalinan persahabatan yang mendalam oleh keempat delegasi.

Pertemuan di awali sambutan secara langsung dari Deputy Mayor Varna Municipality, Prof. Christo Bozov, M.D, Ph.D, yaitu menyampaikan selamat datang dan menyambut baik pemenuhan undangan Walikota Varna kepada delegasi Pemerintah Kota Surabaya. Secara akrab Christo Bozov menyampaikan juga maksud dan tujuan undangan yang disampaikan kepada Walikota Surabaya adalah untuk menindaklanjuti program sister city yang telah disepakati bersama dua kota, yaitu antara Kota Varna dengan Kota Surabaya. Ucapan terima kasih yang tulus disampaikan kepada delegasi atas dukungan yang sangat berharga dengan terjalinnya kerjasama sister city sebagai wujud peningkatan pembangunan.




Dalam penyampaiannya, Christo Bozov mengatakan bahwa jalinan kerjasama ini sangat bermanfaat untuk tidak hanya Kota Varna tetapi juga Kota Surabaya dalam segala bidang. Salah satu bentuk keinginan yang saat ini akan diperkenalkan dalam peningkatan pembangunan untuk kedua kota tertsebut antara lain adalah dengan mengundang Official dan pelatih senam Kota Surabaya terhitung mulai tanggal 24 September sampai dengan 07 Oktober 2012. Selain untuk menunjukan perkembangan pembinaan dan prestasi atlet senam Kota Varna, juga ingin mendapat masukan dari Kota Surabaya atas sesuatu yang telah diperbuat Kota Varna dalam meningkatkan pembangunan di bidang olahraga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar